Sunday 19 March 2017

Sadeng bukan hanya sebuah pelabuhan, ini yang belum banyak orang tahu !

Banyak yang mengira Sadeng hanyalah sebuah pelabuhan, layaknya pelabuhan lainnya, banyak wisatawan yang hanya menilai dari sisi luarnya saja, awal mereka datang pasti merasa kecewa karna hanya melihat sebuah pelabuhan, namun jangan salah di balik semua itu tersimpan keindahan yang jarang orang tahu. Tempat ini layak sekali untuk di jadikan sebagai destinasi wisata pilihan anda.


Membicarakan soal obyek wisata di Yogyakarta memang tidak ada habisnya mengingat Yogyakarta merupakan kota yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata. Di Yogyakarta wisatawan bisa menemukan berbagai jenis wisata, mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam dan juga wisata buatannya. Bagi anda yang suka dengan wisata alam, anda bisa mengunjungi Pantai Sadeng. Pantai Sadeng ini ada di desa Songbanyu kecamatan Girisurbo kabupaten Gunungkidul. Pantai Sadeng termasuk dalam obyek wisata yang baru, sehingga obyek wisata pantai ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas bahkan masyarakat Yogya sendiri. Oleh sebab itu alangkah baiknya kita mengetahui berbagai macam kekayaan wisata alam yang ada di Indonesia, salah satunya adalah wisata Pantai Sadeng ini. Berikut ini adalah hal hal yang bisa kita ketahui tentang Pantai Sadeng.

1. Pelabuhan

Obyek wisata yang menarik pertama kali di Pantai Sadeng adalah wisatawan bisa melihat pelabuhan. Memang wisatawan pertama kali akan disuguhi dengan pelabuhan. Bagi yang baru pertama kali datang ke Pantai Sadeng tentu akan kebingungan sebab pertama kali menginjakkan kaki di lokasi wisata Pantai Sadeng mereka tidak akan menemukan pantai namun menemukan Pelabuhan. Wisatawan bisa melihat beberapa perahu nelayan yang berjajar diikat di tepi pelabuhan. Perahu itu digunakan untuk mencari ikan di Pantai Sadeng

2. Pelelangan ikan

Obyek wisata menarik lainnya di Pantai Sadeng ini adalah adanya pelelangan ikan. Dimana mana jika ada pelabuhan tentu ada pelelangan ikannya. Ikan yang dilelang di pelelangan ini masih segar dan hasil tangkapan dari nelayan yang berlayar di Pantai Sadeng. Kegiatan di pelelangan ikan juga sangat hidup, wisatawan bisa melihat nelayan yang menggiling es batu dan mengawetkan ikan yang ditangkapnya, nelayan yang hilir mudik di pelelangan ikan membawa hasil tangkapannya dan tidak jarang banyak ibu ibu yaang mengasuh anak anak mereka di rumah pondok di sekitar pelelangan ikan. Pemandangan tersebut sungguh harmonis.

3. Pantai Sadeng


Obyek wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Sadeng itu sendiri. Wisatawan yang datang ke lokasi wisata tersebut banyak yang bertanya tanya dimana letak pantainya. Hal itu dikarenakan saat pertama kali masuk ke dalam obyek wisata tersebut mereka justru disambut oleh pelabuhan. Bagi yang tidak tahu lokasi pantainya akan kecewa sebab mengira bahwa Pantai Sadeng adalah pelabuhan tersebut. Padahal Pantai Sadeng benar benar ada meski untuk menuju kesana wisatawan harus bertanya dengan penduduk sekitar. Jika wisatawan malu untuk bertanya, wisatawan bisa mengambil jalan sempit di sebelah kiri pelelangan ikan, setelah melewati jalan sempit pelelangan ikan wisatawan harus melewati jalan pinggiran pelabuhan. Saat melewati jalan itu anda akan bertemu dengan Pantai Sadeng.


4. Mercusuar

Obyek wisata menarik lainnya di Pantai Sadeng adalah mercusuar. Mercusuar tersebut msih digunakan untuk membantu nelayan saat malam hari. Saat malam hari mercusuar tersebut aka bersinar untuk membantu nelayan yang sedang mencari ikan. Di Pantai Sadeng ada beberapa mercusuar yang masih berfungsi, bentuknya mirip dengan tower sinyal sehingga banyak wisatawan yang menduga tower tersebut adalah tower sinyal padahal tower mercusuar. Saat malam hari lampu daari Mercusuar ini masih bisa dilihat oleh wisatawan. Sehingga tidak jarang ditemukan pengunjung pada malam hari berdiri atau sekedar duduk di pinggir Pantai Sadeng tersebut. Saat malam hari pun suasana Pantai menjadi lebih hening, hanya ada deburan ombak di batu pemecah ombak yang terasa. Udara saat malam hari pun lebih sepoi sepoi, cocok sekali bagi anda yang sedang ingin mencari ketenangan diri. Bagi anda yang suka termenung, merenung di pinggi pantai ini juga bisa dilakukan. Sayangnya anda tidak disarankan untuk melamun disini, sebab jika melamun jiwa dan pikiran anda menjadi kosong. Saat kosong bisa menyebabkan dimensi lain tertarik untuk datang kepada anda.


No comments:

Post a Comment

Yakin Bisa Jawab Pertanyaan Ini

1. Kenapa bungkus pizza berbentuk kotak, padahal pizza sendiri berbentuk lingkaran? Jawab: Karena secara teknis, membuat kardus berben...